Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

IGN, Distro Lokal Indonesia


IGOS Nusantara (IGN) terus dikembangkan secara konsisten. Tahun 2011 ini ada yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya (sejak 2006), IGN setiap tahun mengeluarkan satu rilis, maka tahun ini ada rilis, yaitu IGN2011 dan IGN7. Pemakaian nama IGN7 disesuaikan dengan urutan rilis, yaitu saat ini sudah sampai rilis yang ketujuh. IGN7 mulai dikembangkan Agustus 2011.

Pengembangan IGN7 meliputi beragam hal, mulai dari perbaikan tampilan menu awal menjadi lebih dinamis, perbaikan Desktop, sampai dengan bagian akhir atau pasca instalasi. Pasca instalasi di IGN7 akan terpasang boot loader GRUB2 yang mampu mengenali beragam sistem operasi yang sudah terpasang sebelumnya. Tampilan GRUB2 di IGN7 memakai grafik sebagai latar belakang, sehingga nyaman dilihat.

Beberapa fitur di IGN7 telah dikembangkan dari IGN2011. Saat ini ISO image LiveCD dan repositori IGN7 final (R7.0) telah tersedia. IGOS Nusantara versi LiveCD menyediakan desktop GNOME dan LXDE. Jika IGN2011 memakai GNOME 3.0, maka IGN7 telah melakukan update ke GNOME 3.2.1. GNOME 3.2.1 melakukan perbaikan penting dalam hal stabilitas dan fitur, diantaranya tampilan Dock yang otomatis akan mengecil saat tidak diakses.
Pemakaian GNOME 3.x memerlukan adaptasi dari pengguna GNOME 2. Agar pengguna lama tetap nyaman, maka pengembang IGOS Nusantara telah mengadaptasi beberapa bagian dari GNOME 2 digabung dengan GNOME 3.2.1.

IGN7 saat ini telah memiliki lebih dari 17.000 berkas rpm hasil kompilasi ulang. Kompilasi ulang diperlukan agar IGOS Nusantara lebih mandiri dalam hal ketersediaan repositori. Sebagai informasi, IGN7 LiveCD terdiri dari 1264 berkas rpm, sedangkan IGN DVD instalasi + repositori akan memuat lebih dari 4000 berkas rpm.

Aplikasi atau paket yang ada di IGN7 telah mendapat pembaruan ke versi mutakhir. Antara lain Firefox 8.0, Libreoffice 3.4.4, Thunderbird 8.0, GNOME Media Player 1.0.2, Pidgin 2.10, Inkscape 0.48.1, GIMP 2.6.11, dan emulator aplikasi Windows dengan Wine 1.3.32. Ribuan paket lainnya ada di repositori. Kernel 3.1.2 dan beragam driver/firmware yang disertakan di IGN7 akan dapat mengenali beragam perangkat keras (motherboard, prosesesor, chipset, harddisk, kartu suara, kartu ethernet, USB2, USB3, Printer, GSM/CDMA Modem, Ethernet, Wifi, dsb) secara langsung.

Interaksi atau bantuan antar pengguna IGOS Nusantara dapat dilakukan melalui beragam media. Saat ini telah tersedia Halaman IGOS Nusantara dan Grup IGOS Nusantara di Facebook. Pemakaian jaringan sosial (social network) diharapkan dapat membuat interaksi lebih cepat dan mudah.
.
Fitur dan aplikasi yang ada di IGN7 LiveCD

Satu LiveCD menyediakan desktop (Desktop Environment) GNOME dan LXDE
Kernel 3.1.2
LibreOffice 3.4.4
Firefox 8.0 yang telah dikustomisasi dan dilengkapi dengan beragam ekstensi pilihan
GNOME 3.2.1 dengan beragam tema dan kertas dinding
Desktop LXDE
FileZilla
gKamus
Akses langsung ke server repositori IGOS Nusantara
Driver tambahan untuk chipset wifi broadcom, antara lain untuk bcm4321
Beragam driver di paket kmod-staging
Terminal default memakai lxterminal
Multimedia player: GNOME MPlayer, Audacious, XMMS
Pembakar CD dan DVD brasero
Beragam skrip untuk mempermudah perubahan konfigurasi
ISO image IGOS Nusantara 7 LiveCD ada di:
http://repo.igos-nusantara.or.id/iso/7/



seluruh isi materi berasal dari situs resmi IGN http://igos-nusantara.or.id/

0 komentar: